Saturday, June 15, 2013

Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

                                            Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

                                            
                                      
        Assalamu'alaikum Blogger,Masih pada sehat kan? Yah,jelas dong.Apalagi kalau udah baca postingan belajarwoles.blogspot.com , dijamin makin ma'nyos.Oke,Langsung saja,Yang saya post kali ini adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.Kita tahu,anak-anak zaman sekarang sudah banyak yang lupa dengan bahasa nya sendiri,adalah yang sok alai,padahal orang gemes bacanya.Tapi,kalau menurut nya,tulisannya itu adalah tulisan yang paling baik se dunia.Mungkin langsung saja,berikut adalah penertian Bahasa Indonesia yang baik dan benar secara ringkas :

           Berbahasa Indonesia yang baik adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai konteks (pembicaraan atau penulisan). Berbahasa Indonesia yang benar adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah (tata bahasa) bahasa Indonesia.
Pengertian di atas baru saya peroleh dan pahami ketika sudah semester tiga. Sebagai orang yang belajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tentu hal ini cukup mengecewakan. Dalam program studi ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memahami bahasa Indonsia (salah satunya adalah yang baik dan benar) tapi juga dituntut untuk mampu menularkan pengetahuan tentang bahasa Indonesia kepada orang lain (murid) melalui pembelajaran di sekolah.
Kalimat Bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah saya dengar dan baca sejak SD. Saat itu pula saya menggunakan istilah ini. Sejak itu sampai semester dua kuliah, saya mengartikanBahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa yang tidak salah dalam menulis, harus sesuai dengan EyD. Lebih parahnya lagi, sebelumnya tidak mengerti kepanjangan EyD. Setelah mengetahui kepanjangan EyD belum paham pula kaidah apa saja yang ada dalam EyD. Pemahaman tentang sejarah EyD baru sedikit terisi ketika menempuh mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia, setelah tahun kedua kuliah. Pemahan tentang kaidah yang terdapat dalam EyD baru didapat setelah kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa, tahun ketiga kuliah.
Apakah tidak pernah mendapat penjelasan mengenai bahasa yang baik dan benar ketika masih sekolah? Sepertinya tidak. Mungkin guru-guru bahasa Indonesia yang pernah mengajar saya tidak pernah menjabarkan pengertiannya, atau saya yang memang tidak memperhatikan penjelasan guru mengenai hal ini. Atau justru guru yang bersangkutan juga tidak paham mengenai berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini sangat mungkin terjadi, mahasiswa yang kuliah di PBSI masih kesulitan memahami konsep ini, bahkan salah seorang mahasiswa tidak mampu menjawab ketika ditanya mengenai konsep ini oleh dosen pembahas dalam seminar proposal skripsinya. Mahasiswa calon guru bahasa Indonesia dari universitas negeri tidak mampu menjawab, apalagi mahasiswa dari universitas lain, lebih apalagi lagi jika guru bahasa Indonsia di sekolah bukan lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia.
Mungkin kesalahan ada pada masing-masing kita. Bangsa Indonesia tidak mampu menghargai bahasanya sendiri. Mungkin terlalu menganggap remah keberadaan bahasa dan fungsinya. Padahal, di balik penggunaan bahasa, tampak seluruh dimensi kecerdasan dan mentalitas pengguna (pembicara)-nya.
     Kalau anak sekarang,Gayanya ngetik tuh buat emosi,adalah yang buat :

*Gua ckarank Lgy galau nih.
Menurut Bahasa Indonesia yang baik,kata tersebuat adalah : Aku sekarang lagi galau.
Kalau ada orang yang ngetik gituan alai nya,Itu mah paok banget.
Dan contoh Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah :

*Apakah kamu ingin menyapu rumah bagian belakang?
*Apa yang kamu lakukan tadi?

Oke,Sekian blogger.Pesan saya,teman-teman sekalian harus tau dong tentang bahasa negara sendiri.Oke? Gausah deh ngikutin orang-orang yang sok gaul itu. Sekian,Assalamu'alaikum.

Follow    : @MATEMATlKA
Halaman : Penggemar Matematika


No comments:

Post a Comment